728x90 AdSpace

Arsip BSC
  • Berita Terbaru

    Munada...!!!

    Munada...!!!

    Munada itu siapa?,  Munada adalah seorang Cina Muslim dari Kudus yang tumbuh besar di Cianjur, dan setelah ia beranjak pindah ke Bandung, Munada bekerja pada Negel, sang asisten residen saat itu. Tetapi nyatanya sang Munada ini mengkhianati kepercayaan sang atasan dengan kasus penyelewengan dana, sehingga dipenjarakan dan disiksa oleh Negel. 

    Merasa tidak terima, Munada pun berniat membalas dendam, kemudian membakar Pasar Ciguriang  (1842) (sekarang, itu sekitar pertokoan Kings, Jalan Kepatihan). Di sekitar kawasan Kepatihan masih dapat ditemukan ruas jalan kecil bernama Ciguriang. .

    Insiden itu pun berlanjut dengan penyerangan Munada pada Nedel, .Saat kerusuhan terjadi Munada menyerang Asisten Residen Nagel dengan golok hingga terluka parah dan meninggal keesokan harinya.

    Sejak kejadian itu, para pedagang tercerai-berai dan hilang arah, kegiatan perdagangan pun berantakan. Akhirnya pada 1884, dibukalah pusat perdagangan yang baru, di sisi barat kawasan Pecinan. Dan lahirlah kawasan Pasar Baru (Masih ada sampai sekarang).

    Munada...!!!

    Pada masa tersebut, sebenarnya banyak juga pedagang terkenal yang berada di luar Pasar Baru. Bahkan nama para pedagang populer tersebut diabadikan sebagai nama jalan di sekitar Pasar Baru, seperti H. Basar, Ence Ajis, H. Durasid, H. Pahruroji dan Soeniaradja.
    Diposting oleh Poerwalaksana
    Arsip BSC Updated pada: Sabtu, Desember 10, 2011
    Poerwalaksana

    Poerwalaksana is a freelance web designer and developer with a passion for interaction design.

    Facebook Group: Bandung Social Community

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Munada...!!! Rating: 5 Reviewed By: Poerwalaksana
    Scroll to Top