728x90 AdSpace

Arsip BSC
  • Berita Terbaru

    Kenapa di sebut Oplet...???

    Kenapa di sebut Oplet...???
    Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ia diartikan sebagai “mobil sedan yang susunan tempat duduknya diubah dan disesuaikan sebagai kendaraan umum yang ditambangkan”. KBBI menuliskan "opelet" sebagai bentuk baku, bukan "oplet".
    Ada beberapa pendapat soal asal kata "oplet". Menurut Rizal Khadafi dalam Jakarta Transportation Guide (2009), oplet berasal dari kata "autolet". 

    Namun, menurut Transport and Communications Bulletin for Asia and the Pacific 53 (1979), istilah "oplet" berasal dari Opel(Merk mobil) yang sangat populer di Indonesia sebelum Perang Dunia II.
    Menurut Soe Potter, dalam An Indonesian Alphabet (2009), Opel cukup populer lalu jadi muasal kata oplet. Malah, pada dekade 1930an, sudah ada nama produk Opel bernama Opelette (Produksi General Motor Java). "Lette" sendiri bisa diartikan "kecil". Jadi "Opelette" bisa diartikan "Opel kecil".
    Ketika baru keluar dari pabrik, sebelum dijadikan angkutan umum, oplet sebenarnya diperuntukkan bagi 4-5 penumpang saja. Berkat karoseri alakadarnya dengan seng dan kayu maka 10 orang pun bisa dimuat.
    Ada yang menjadikan oplet sebagai sebutan kendaraan angkutan umum ukuran kecil, macam mikrolet. Namun, ada pula yang menjadikan oplet sebutan hanya untuk kendaraan lawas seperti yang tampil dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan.
    Hal ini senada dengan uraian John U. Wolf, dalam Formal Indonesian (1980). Ia mencatat: “Umumnya oplet terdiri dari mobil-mobil tua yang umurnya dari sudut teknologi telah uzur, bahkan menurut hukum perusahaan seharusnya telah puluhan tahun masuk kubur.”
    Tak hanya merek Austin, Morris atau Opel saja yang dijadikan "Opelet". Setelah Perang Dunia II, bahkan mobil Jeep sisa perang pun dimodifikasi dan kemudian dikenal dengan sebutan oplet juga. (PMDJ)
    ====================
    Keterangan Photo :
    Bandung busy street near the Post-en Telegraaf Kantoor in 1938. The cars are as follows from left to right: 1937 ford, Oplet probably on a Morris chassis, Oldsmobile 1935, and Chevrolet 1936.

    File:COLLECTIE TROPENMUSEUM Bandoeng stadsverkeer in 1938.
    Diposting oleh Poerwalaksana
    Arsip BSC Updated pada: Kamis, Agustus 02, 2018
    Poerwalaksana

    Poerwalaksana is a freelance web designer and developer with a passion for interaction design.

    Facebook Group: Bandung Social Community

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kenapa di sebut Oplet...??? Rating: 5 Reviewed By: Poerwalaksana
    Scroll to Top