728x90 AdSpace

Arsip BSC
  • Berita Terbaru

    Mesjid Agung Bandung (Mesjid Raya...!!!)

    Mesjid Agung Bandung merupakan salah satu bangunan tertua di Bandung, dibangun tahun 1811/1812 seiring dengan pembangunan Negorij Bandong yang dipindahkan dari Krapyak. Bangunan asli sudah tidak ada karena renovasi sering dilakukan terhadapnya.

    Sejak bangunan awal yang hanya terbuat dari kayu dan bambu saja, kemudian tahun 1825 sempat diperkokoh dengan kayu, Perubahan besar dilakukan ketika bangunan ini direnovasi pada tahun 1850 oleh Bupati Wiranatakusumah IV (1846-1874). Ketika itu bangunan ini sudah mulai menggunakan tembok sebagaimana diiliustrasikan dalam buku Rambles of Java karya Charles Walter Kinloch.


    Masjid Agung sempat mengalami berbagai renovasi lagi di abad 20, dan istilah Bale Nyuncung mungkin baru dipakai tahun 1905 ketika sang Masjid menggunakan atap bertumpang tiga dan berujung lancip khas masjid Nusantara.

    Sejak tahun 1955, Masjid ini mulai meninggalkan arsitektur khasnya, yaitu ketika Soekarno memasang kubah bawang di atasnya menggantikan atap “nyungcung”. Sejak saat itu pesona masjid agung mulai memudar, hingga bentuk sekarang yang terhalang oleh keramaian alun-alun Bandung….
    Diposting oleh ladylaz
    Arsip BSC Updated pada: Selasa, Oktober 18, 2011
    Poerwalaksana

    Poerwalaksana is a freelance web designer and developer with a passion for interaction design.

    Facebook Group: Bandung Social Community

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Mesjid Agung Bandung (Mesjid Raya...!!!) Rating: 5 Reviewed By: ladylaz
    Scroll to Top