728x90 AdSpace

Arsip BSC
  • Berita Terbaru

    N.V. Mij. Vorkink (Toko buku Sumur Bandung)....!!!

    Toko buku Sumur Bandung
    Toko Vorkink [Sumur bandung] yang kanan [1933]
    Oleh : Iwan Suhermawan .

    Penerbit dan percetakan Vorkink mulai dibuka pada tahun 1896 di Groote Postweg [jalan asia Afrika]. Pada tahun yang sama, perusahaan ini menerbitkan koran pertama di Bandung, yaitu De Preangerbode. 

    Bangunan awalnya dirombak pada tahun 1910 menjadi bangunan megah bergaya Eropa. Toko buku Vorkink kemudian berubah menjadi toko buku Sumur Bandung setelah masa kemerdekaan. 

    Nama ini dipilih mungkin karena di dekat gedungnya terletak dua buah sumur legendaris, Sumur Bandung, yang masing-masing berada di belakang Vorkink dan satu lagi di belakang kantor PLN [ baca : Sumur Bandung

    Sejumlah buku yang pernah diterbitkan oleh Vorkink adalah “Gids van Bandoengen Omstreken” (S.A. Reitsma & W.H. Hoogland, 1921), ”Gedenkboek MOSVIA 1879-1929” (1929), “Braga en de Bragaweg” (W.H.Hoogland, 1957), “Gedenkboek Toneelvereeniging Braga 1892-1957” (J.P. Verhoek, 1957), dll. 

    Setelah menjadi toko buku Sumur Bandung, buku terbitannya antara lain “Saumur Jagong” (Sjarif Amin, 1983), “Perjoangan Paguyuban Pasundan 1914-1942” (Sjarif Amin, 1984), “Upacara Adat di Pasundan” (R. Akip Prawira Soeganda, 1964), dll.

    Pada tahun 1926 radio pertama di Bandung, Bandoengsche Radio Vereeniging (BRV) melakukan siarannya di lantai dua gedung Vorkink. Namun radio ini hanya berjalan selama tiga tahun karena mengalami kesulitan pendanaan. BRV lalu diambil alih NIROM (Nederlandsch Indische Radio Omroep Maatschappij).


    .
    Diposting oleh Poerwalaksana M.Djayasasmita
    Arsip BSC Updated pada: Kamis, Oktober 17, 2013
    Poerwalaksana

    Poerwalaksana is a freelance web designer and developer with a passion for interaction design.

    Facebook Group: Bandung Social Community

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: N.V. Mij. Vorkink (Toko buku Sumur Bandung)....!!! Rating: 5 Reviewed By: Poerwalaksana M.Djayasasmita
    Scroll to Top