728x90 AdSpace

Arsip BSC
  • Berita Terbaru

    Sumur Bandung ....!!!



    Sumur Bandung ....!!! | http://arsip-bsc.blogspot.com/
    Konon menurut sejarahnya, sumur ini terbentuk ketika Raden Adipati Wiranata Kusumah II yang waktu itu menjabat sebagai Bupati Karapyak (sekarang Dayeuh Kolot) beristirahat melepas lelah di pinggir kali Cikapundung. 

    Beliau baru saja melakukan perjalanan yang sangat jauh untuk ukuran waktu itu yang keadaannya masih berupa hutan belantara. 

    Beliau sangat berkeinginan untuk memindahkan ibukota dari Karapyak yang sering dilanda banjir Citarum ke kawasan yang bebas banjir. 


    Saat beristirahat itu beliu menancapkan tongkatnya tidak jauh dari tempat duduk beliau. Ketika tongkat dicabut keluar air yang sangat jernih dari lubang bekas tongkat beliau. 

    Agar air itu tidak terbuang percuma lalu beliau bersama rombongan ponggawa membuatkan lubang untuk menampung air tersebut, yang akhirnya di kemudian hari disebut Sumur Bandung. 

    Dan atas persetujuan Daendels ibukota Kabupaten Bandung dari Karapyak pindah ke kawasan dekat sumur tersebut, yaitu dengan dibangunnya Pendopo sebelah selatan alun-alun sekarang.

    Sumur Bandung yang bernilai sejarah ini sekarang berada di dalam kawasan Gedung PLN di jalan Asia Afrika Bandung. Sekarang bagian atas sumur tersebut diberi penutup berupa cungkup terbuat dari logam berwarna keemasan dan bagian sekelilingnya di pasangi rantai pembatas. Pada salah satu sisinya terdapat sebuah prasasti yang bertuliskan :

    “Sumur Bandung Mere Karahayuan ka Rahayat Bandung
    Sumur Bandung Mere karahayuan ka Dayeuh Bandung
    Sumur Bandung Kahayuning Dayeuh Bandung
    Ayana di Gedung PLN Bandung.”

    Bandung 25 Mei 1811
    Raden Adipati Wiranata Kusumah II.

    Yang jadi pertanyaan : Kenapa kata "Ayana di gedung PLN Bandung" turut "mengalir" seolah2 itu ucapan RA Wiranata Kusumah....???.

    Diposting oleh Poerwalaksana M.Djayasasmita
    Arsip BSC Updated pada: Sabtu, September 14, 2013
    Poerwalaksana

    Poerwalaksana is a freelance web designer and developer with a passion for interaction design.

    Facebook Group: Bandung Social Community

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Sumur Bandung ....!!! Rating: 5 Reviewed By: Poerwalaksana M.Djayasasmita
    Scroll to Top