728x90 AdSpace

Arsip BSC
  • Berita Terbaru

    Mata bintit karena mengintip....???

    Mata bintit karena mengintip....???
    Secara medis bintit disebut dengan hordeolum, yaitu benjolan yang terjadi karena adanya infeksi pada kelopak mata. Bintit disebabkan oleh bakteri staphylococcal yang hidup secara normal dan tidak berbahaya pada kulit kelopak mata. 

    Tapi ketika bakteri tersebut terperangkap dalam kantung air mata atau saluran air mata yang sedang sakit akan menyebabkan infeksi seperti jerawat.

    Selama ini mitos yang beredar di masyarakat adalah jika seseorang matanya bintitan, itu disebabkan karena orang tersebut suka mengintip. Ternyata tak sesederhana itu. Mengintip bukanlah penyebab mata bintit.

    Rata-rata mata yang bintit bisa menyebabkan rasa sakit yang tidak menyenangkan. Jika bintitnya besar bisa menyebabkan pembengkakan atau sakit kepala bukan main yang berhubungan dengan penglihatan. Dalam kasus tertentu, bintit bisa berpotensi ke kondisi yang lebih serius yang dikenal sebagai blepharitis.

    Kebanyakan bintit terjadi di bagian luar kelopak mata, dan biasanya kecil serta hilang tanpa meninggalkan bekas pada kelopak mata. Namun, jika bintitnya internal yaitu terletak di bagian bawah kelopak mata dan biasanya bisa mengeluarkan nanah sehingga membutuhkan bantuan dokter.

    Orang kadang sulit membedakan antara bintit dengan kondisi umum lainnya yang dikenal dengan chalazia. Chalazia itu sendiri adalah penyakit bengkak berbentuk bulat tapi non-infeksi yang terjadi sebagai akibat dari terhambatnya saluran di luar permukaan kelopak mata.

    Sebaiknya orang yang matanya bintitan membatasi diri keluar rumah, tapi bisa mempercepat proses penyembuhannya dengan cara mengompres air hangat ke daerah tersebut beberapa kali dalam sehari.

    Setelah bintit terbuka atau pecah, bersihkan daerah tersebut secara hati-hati dengan air hangat dan mengusapnya dengan kapas beberapa kali sepanjang hari untuk mencegah infeksi berulang atau menyebar. Penanganan ini bisa dilakukan di rumah, tapi jika bintit yang terbuka bercampur dengan debu bisa terjadi bintit kembali. Sebaiknya segera ke dokter agar bisa diberikan antibiotik.

    Cara terbaik untuk mencegah terjadinya bintit adalah dengan mencuci tangan secara teratur dan menghindari menyentuh mata. Karena bintit terjadi akibat infeksi, maka dapat menular dari orang ke orang lain melalui sentuhan.

    Ini penting khususnya bagi anak-anak, karena sering menggosok mata ketika sedang lelah dan stres tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Sebaiknya ajarkan anak-anak untuk selalu mencuci tangan setelah selesai melakukan kegiatan apapun.

    Jadi, mitos bahwa mata bintit terjadi karena suka mengintip adalah tidak benar, karena bintit terjadi akibat infeksi dari bakteri staphylococcal.
    Diposting oleh Poerwalaksana
    Arsip BSC Updated pada: Jumat, Desember 26, 2014
    Poerwalaksana

    Poerwalaksana is a freelance web designer and developer with a passion for interaction design.

    Facebook Group: Bandung Social Community

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Mata bintit karena mengintip....??? Rating: 5 Reviewed By: Poerwalaksana
    Scroll to Top