728x90 AdSpace

Arsip BSC
  • Berita Terbaru

    Bunderan Siem di jl Cipaganti....!!!

    Bunderan Siem di jl Cipaganti....!!! | http://arsip-bsc.blogspot.com/
    Oleh : Iwan Suhermawan.

    Dulu di sebelah utara Bandung ada satu tempat yang dinamai Bunderan Siam (biasa dibaca Siem). Lokasi ini persisnya berada di perpotongan antara Jl. Cipaganti dengan Jl. Lamping (>>sekarang ditempati oleh pom bensin... :'( ). 

    Bunderan Siam memang cukup unik, selain namanya yang mengingatkan kepada kerajaan Thailand yang memang bernama lama Siam, juga karena di situ dahulu terdapat sebuah taman yang sangat indah.

    Di buku karya Haryoto Kunto “Semerbak Bunga di Bandung Raya” sebetulnya sudah ada keterangan tentang taman ini. Pada halaman 132 tertulis:

    “Pada permulaan tahun 1920-an, pembangunan perumahan gedong sepanjang Jl. Cipaganti baru sampai ke simpang Jl. Pasteur. Namun Pangeran Paribatra, seorang warga kehormatan Kota Bandung, kerabat Raja Siam (Mungthai), telah memilih sebidang tanah di tengah-tengah sawah jauh di ujung utara Jl. Cipaganti. Dibantu oleh arsitek Van Lugten, Sang Pangeran yang menjalani “pembuangan” di Jawa, mendirikan sebuah villa indah sebagai tempat kediamannya.”

    “Sayang sekali Kota Bandung yang molek ini, kelewat miskin bunga2an”, ungkap Pangeran Siam kepada pengurus perkumpulan Bandoeng Vooruit (Majalah Mooi Bandoeng, 1937).

    “Pangeran Paribatra yang ahli tanaman anggrek kemudian membangun sebuah taman indah berbunga di halaman depan rumahnya. Beberapa tahun kemudian, taman bunga itu terpisah dari pekarangan villa Sang Pangeran, diterabas Jl. Cipaganti. 

    Taman bunga yang bentuknya agak bundar di tepi Jl. Cipaganti dikenal oleh warga kota sebagai Bunderan Siem, mengingatkan orang akan negri asal Pangeran Paribatra. Sejak zaman kemerdekaan, Bunderan Siem itu telah dijadikan pompa bensin.”

    Jadi jelas bahwa yang membangun villa dengan taman yang kemudian dikenal dengan nama Bunderan Siem itu bukanlah Rama VII melainkan Pangeran Paribatra. Lalu, siapakah Pangeran Paribatra dan kenapa dia ada di Bandung...????

    Diposting oleh Poerwalaksana M.Djayasasmita
    Arsip BSC Updated pada: Senin, September 16, 2013
    Poerwalaksana

    Poerwalaksana is a freelance web designer and developer with a passion for interaction design.

    Facebook Group: Bandung Social Community

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Bunderan Siem di jl Cipaganti....!!! Rating: 5 Reviewed By: Poerwalaksana M.Djayasasmita
    Scroll to Top