728x90 AdSpace

Arsip BSC
  • Berita Terbaru

    Manfaat Tumbuhan Alang-alang (Imperata Cynlindrica)....!!!

    Manfaat Tumbuhan Alang-alang (Imperata Cynlindrica)....!!! | http://arsip-bsc.blogspot.com/
    Oleh : Dara Lana Tan .

    Imperata Cylindrica atau yang dikenal sebagai Cogon Grass atau Red Baron merupakan spesies rumput yang masuk ke dalam genus Imperata, keluarga Poaceae yang di Indonesia biasa memiliki sebutan alang-alang. 

    Ciri-ciri fisik dari tumbuhan ini biasanya memiliki daun dengan lebar sekitar 2 cm, di dekat pangkal tanaman dan menyempit sampai menjadi titik yang tajam di bagian atasnya, dengan tepian yang halus bergigi dan berkristal silika tajam. 

    Akarnya bisa mencapai hingga 1,2 meter, tetapi 0,4 m adalah panjang khas di tanah berpasir. Ternyata tumbuhan yang banyak terdapat di Asia Tenggara dan Timur, India, Mikronesia, Australia dan Afrika Timur dan Selatan ini ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

    Manfaat yang paling umum dari tumbuhan Imperata Cylindria adalah sifat obatnya yang dapat digunakan untuk penurun panas, diuretik, tonik, dan penahan darah. Bunga dan tunas muda tumbuhan ini dapat dimakan dan akarnya mengandung pati dan gula sehingga mudah untuk dikunyah.

    Selain itu, Imperata Cylindrica memiliki sifat antipiretik yang dapat menurunkan suhu tubuh ketika mengalami demam, namun tidak mempengaruhi suhu tubuh ketika Anda tidak demam. Sifat antipiretik menyebabkan hipotalamus untuk mengesampingkan peningkatan suhu yang diinduksi interleukin. 

    Kemudian tubuh akan bekerja untuk menurunkan suhu dan hasilnya dapat mengurangi demam. Efek ini seperti yang dihasilkan oleh obat-obatan seperti aspirin dan acetaminophen (parasetamol), yang digunakan terutama sebagai penghilang rasa sakit. 

    Ada beberapa perdebatan tentang kapan saat yang tepat untuk menggunakan antipiretik, karena demam adalah bagian dari respon kekebalan tubuh terhadap infeksi.

    Nah, ternyata tumbuhan Imperata Cylindrica atau yang biasa kita kenal dengan istilah alang-alang teryata memiliki segudang manfaat yang dapat menyehatkan tubuh. Nampaknya mulai sekarang jangan sepelekan tumbuhan alang-alang tersebut karena melihat banyaknya manfaat yang terkandung di dalamnya.



    Diposting oleh Poerwalaksana M.Djayasasmita
    Arsip BSC Updated pada: Selasa, September 17, 2013
    Poerwalaksana

    Poerwalaksana is a freelance web designer and developer with a passion for interaction design.

    Facebook Group: Bandung Social Community

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Manfaat Tumbuhan Alang-alang (Imperata Cynlindrica)....!!! Rating: 5 Reviewed By: Poerwalaksana M.Djayasasmita
    Scroll to Top